Solidaritas untuk Palestina, Umat Islam Palu Turun ke Jalanan

KIBLAT.NET, Palu– Berbagai ormas yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sulteng Selamatkan Al-Aqsha turut menggelar aksi solidaritas untuk Palestina pada Jumat (21/07) di Bundaran Hasanuddin, Palu.


Ketua PII Sulawesi Tengah, Rafani Tuahuns dalam orasinya menyampaikan bahwa walau pun bukan warga Palestina, tapi umat Islam Indonesia harus mengambil bagian dalam membela Palestina. Pasalnya, Palestina adalah kiblat pertama umat Islam sebelum Ka’bah.


“Lihat katak yang mengambil air dan menyemprotkan air dari mulutnya untuk memadamkan api, sementara itu ada juga cicak yang malah berusaha seperti meniup api tersebut agar semakin besar, Jadi Kita mau jadi Katak yang ikut ambil bagian memadamkan api atau sebagai cicak yang malah memperbesar api,” ungkapnya


Hal serupa juga disampaikan oleh da’iah Palu Ustadzah Erni Yulianti. Dalam orasinya, Ia menegaskan bahwa sebagai seorang Muslim tak boleh egois di hadapan Allah SWT dan harus senantiasa mendoakan saudara sesama Muslim.


“Janganlah egois, kita hanya mendoakan diri kita sendiri, keluarga kita, pasangan kita. Seharusnya kita juga mendoakan saudara-saudara kita di Palestina setiap harinnya,” kata Erni.


Aksi ini merupakan protes atas tindakan yang dilakukan Israel atas kekerasan terhadap Muslim Palestina dan penutupan Masjid Al-Aqsha. Ormas yang tergabung antara lain KNRP, IKADI, ODOJ, SPJ, KAMMI, LPIMK Ar-Rahman, Yayasan Ihsanul Amal, PII dan PERSIS.


Sebagaimana diketahui, pada Jumat (14/07) lalu ketegangan antara Palestina dan Israel di atas Masjid Al-Aqsha kembali memuncak. Diawali dengan kekerasan oleh Israel yang menewaskan 3 jemaah Masjid Al-Aqsha. Kemudian pihak Israel mengumumkan penutupan Masjid Al-Aqsha dan melarang umat Islam melaksanakan sholat Jum’at di dalamnya. Selang beberapa hari, Al-Aqsha kembali dibuka namun umat Islam diharuskan melewati metal detektor.


Lantas tindakan tersebut telah memicu kemarahan, tidak hanya di Palestina namun juga umat Islam di seluruh dunia. Menyikapi tragedi tersebut, Aliansi Masyarakat Sulteng Selamatkan Al-Aqsha menyatakan beberapa sikap diantaranya, mengutuk keras kejahatan Israel terhadap Masjid Al-Aqsha dan kaum muslimin yang berada disekitarnya, mengutuk sikap Israel terhadap pemasangan metal detektor untuk mengawasi kaum Muslimin beribadah di dalam Masjid Al-Aqsha, mendorong pemerintah Indonesia untuk memberikan pernyataan dan dukungan yang jelas terhadap kondisi yang mereka alami, serta terakhir adalah meminta kepada PBB untuk bersikap adil dan tidak pilih kasih terhadap masalah kemanusiaan di Palestina.


 
Reporter: Muhammad Salam
Editor: Syafi’i Iskandar


The post Solidaritas untuk Palestina, Umat Islam Palu Turun ke Jalanan appeared first on Kiblat.

Solidaritas untuk Palestina, Umat Islam Palu Turun ke Jalanan Solidaritas untuk Palestina, Umat Islam Palu Turun ke Jalanan Reviewed by Media Khazanah on 8:24 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.