Senapan Canggih Milik Pasukan AS dan Rusia Berada di Tangan Taliban

KIBLAT.NET, Kabul – Dalam sebuah video yang diposting dalam situs resmi Taliban, seorang pejuang terlihat membawa senapan FN SCAR 7.62mm. Senapan tersebut biasa dikeluarkan untuk pasukan khusus AS, seperti Marine Raiders dan Army Rangers.


Video berdurasi 70 menit berjudul “Omari Army 5” ini diproduksi oleh rumah produksi Taliban, Al-Emarah. Di dalamnya ditampilkan tujuh basis pelatihan Taliban dan latihan militer yang dilakukan oleh kelompok militan terkuat di Afghanistan tersebut.


Video juga menampilkan sistem senjata dan optik AS yang biasa dibawa oleh tentara Amerika dan Marinir. Laser AN/ PEQ 5 tersemat dalam senapan, yang membantu pasukan khusus dalam melakukan tembakan yang presisi di tempat yang dekat.


Adapun, senter ayunan model masa lalu dipasang ke sisi rel-rel senapan tersebut. Yang dikeluarkan untuk pasukan khusus sebagai bagian dari generasi yang lebih tua dari Special Operations Peculiar Modification (SOPMOD) Kits, seperti berbagai macam optik, laser dan peralatan penglihatan malam yang dikeluarkan untuk pasukan Amerika yang dapat disematkan ke senapan M4 atau senapan SCAR.


Dalam gambar lain di video, pejuang Taliban juga terlihat memegang M4 dan M16 buatan Amerika, dengan banyak M4 yang dilengkapi dengan optik Trijicon ACOG.


Sistem persenjataan Rusia yang biasa digunakan oleh Taliban, termasuk seri senapan Kalashnikov, granat berpeluncur roket dan senapan kontra SPG-9, juga terlihat di video.


Perlengkapan militer AS bisa berada di tangan Taliban keumungkinan karena Afghanistan adalah pasar utama perdagangan senjata terlarang. Selain itu, banyak senjata sering diperoleh Taliban ketika tentara Afghanistan yang didukung AS melakukan operasi serangan.


Video juga dengan jelas menampilkan mobil Ford Ranger, sebuah kendaraan yang dipasok ke Polisi Nasional Afghanistan oleh AS. Peralatan lainnya secara rutin diperoleh oleh pasukan Taliban setelah serangan terhadap pos pemeriksaan yang kurang dipertahankan.


“Akan lebih mungkin bahwa senjata tersebut diperoleh saat melakukan serangan di sebuah pos pemeriksaan, daripada merampok sebuah gudang senjata atau pangkalan,” kata Kapten William Salvin, juru bicara Operation Resolute Support kepada Military Times.


“Namun, kami tidak bisa memastikan dari mana senjata itu berasal dari pengamatan di video tersebut,” tambah Salvin.


AS diketahui memasok tentara Afghanistan dan pasukan komandonya dengan senapan M16, M4 dan ACOG melalui Departemen Pertahanan Pasukan Keamanan Afghanistan. SCAR, bagaimanapun, bukanlah bagian dari persediaan saat ini yang disediakan.


“Ada kemungkinan pasukan Afghanistan mendapatkan SCAR melalui program bantuan keamanan Departemen Pertahanan lainnya,” jelas Salvin.


Menurut sebuah laporan dari Washington Post, senapan tersebut mungkin juga telah hilang dari pasukan AS Agustus lalu, yakni ketika pasukan Amerika yang memerangi pejuang ISIS di Provinsi Nangarhar, Afghanistan, kehilangan sebuah SCAR dan sejumlah peralatan lainnya saat pasukan berusaha mengevakuasi korban di medan perang.


“Kasus Agustus 2016 adalah satu-satunya contoh di mana sebuah FN SCAR tidak ditemukan kembali dari sebuah misi,” kata Salvin.


FN SCAR diproduksi oleh sebuah perusahaan alutsista Belgia, FN Herstal. Senapan itu juga digunakan oleh SAS Inggris, serta pasukan khusus dari Belgia, Lithuania, dan Georgia.


Sumber: Military Times
Redaktur: Ibas Fuadi


The post Senapan Canggih Milik Pasukan AS dan Rusia Berada di Tangan Taliban appeared first on Kiblat.

Senapan Canggih Milik Pasukan AS dan Rusia Berada di Tangan Taliban Senapan Canggih Milik Pasukan AS dan Rusia Berada di Tangan Taliban Reviewed by Media Khazanah on 8:11 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.