Selalu Direbut Al-Qaidah, Jadi Alasan CIA Hentikan Pasokan Senjata ke Suriah

KIBLAT.NET, Washington- Pejabat-pejabat AS mengatakan bahwa Presiden Trump telah memutuskan secara resmi mengakhiri program CIA untuk melatih dan mempersenjatai faksi-faksi oposisi Suriah. Program tersebut sempat berjalan beberapa tahun, namun kemudian mendapat sorotan dan kritik tajam karena banyak senjata-senjata yang disuplai AS akhirnya malah jatuh ke tangan Al-Qaidah dan faksi-faksi Islamis lainnya.


Skenario cara memasok berbagai senjata Amerika itu dari awal memang bermasalah di samping memang dilakukan secara ilegal alias diselundupkan. Sejak awal 2017 ini, misi CIA tersebut dibekukan dengan alasan karena faksi-faksi oposisi dukungan AS itu terlibat saling menyerang antar mereka sendiri, dan kurang tertarik untuk memerangi ISIS. Sebagaimana diketahui, narasi besar Washington adalah memerangi ISIS, meskipun yang disasar sebenarnya adalah seluruh entitas Islamis Jihadis.


Langkah terbaru AS ini tidak mempengaruhi program mendukung dan mempersenjatai kelompok YPG Kurdi, karena program ini dijalankan oleh Pentagon dan sepenuhnya terpisah dari program CIA. Sebelumnya, faksi-faksi yang dipasok CIA sebagian besar berbasis di Idlib, termasuk beberapa kelompok kecil di sepanjang perbatasan Yordania.


Sejak awal Trump sudah menganggap program CIA produk era Obama ini bermasalah, bahkan sejak sebelum ia berkantor di Gedung Putih. Menurutnya, AS tidak cukup memiliki data intelijen yang akurat untuk mengidentifikasi siapa saja “kelompok oposisi” yang sebenarnya menurut versi Washington. Trump melihat seharusnya AS fokus memerangi ISIS. Meski demikian, setelah menjadi presiden, dibutuhkan beberapa bulan bagi Trump untuk finalisasi keputusannya tersebut.


 
Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim


The post Selalu Direbut Al-Qaidah, Jadi Alasan CIA Hentikan Pasokan Senjata ke Suriah appeared first on Kiblat.

Selalu Direbut Al-Qaidah, Jadi Alasan CIA Hentikan Pasokan Senjata ke Suriah Selalu Direbut Al-Qaidah, Jadi Alasan CIA Hentikan Pasokan Senjata ke
Suriah Reviewed by Media Khazanah on 8:01 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.