Putra Amir Taliban Gugur dalam Pertempuran di Helmand

KIBLAT.NET, Kabul- Putra Amir Taliban Mullah Haibatullah Akhunzada gugur setelah melakukan serangan bom sabuk di kota Gereshk, Helmand. Kabar pengorbanan Hafiz Abdul Rahman Khalid itu diumumkan oleh Qari Yousaf Ahmadi, juru bicara Taliban untuk wilayah Afghanistan selatan.


Menurut keterangan Ahmadi, serangan terjadi pada Kamis (20/07) atas tawaran langsung dari Abdul Rahman. Kabar tersebut juga dibenarkan oleh seorang pendukung Taliban bernama Abdulqahal Balkhi di akun Twetternya. Tweet Balkhi itu kemudian di-retweet oleh juru bicara Taliban Zabihulllah Mujahid.


Abdul Rahman merupakan seorang siswa di salah-satu sekolah Islam yang dikelola Taliban. Namun, ia diceritakan sangat ingin terlibat dalam peperangan melawan penjajah AS dan tentara boneka di Afghanistan sejak sebelum ayahnya diangkat menjadi Amir Imarah Islamiyah Afghanistan. Niatnya tak surut, meski ayahnya di kemudian hari diangkat menjadi pemimpin tertinggi Taliban.


Mullah Haibatullah Akhunzada mengambil alih kepemimpinan Taliban setelah pendahulunya, Mullah Akhtar Mohammad Mansour meninggal dalam serangan pesawat tak berawak AS di Pakistan pada Mei 2016.


Sementara itu, Provinsi Helmand telah menjadi benteng bagi Taliban sejak pasukan AS mulai menarik diri dari provinsi tersebut pada tahun 2013. Taliban kini menguasai enam dari 14 distrik di provinsi tersebut (Baghran, Dishu, Khanashin, Now Zad, Musa Qala, dan Sangin). Menurut data yang dikumpulkan oleh FDD’s Long War Journal hampir seluruh Helmand telah diperebutkan selama lebih dari setahun terakhir.


 
Sumber: Aljazeera, Long War Journal
Redaktur: Syafi’i Iskandar


The post Putra Amir Taliban Gugur dalam Pertempuran di Helmand appeared first on Kiblat.

Putra Amir Taliban Gugur dalam Pertempuran di Helmand Putra Amir Taliban Gugur dalam Pertempuran di Helmand Reviewed by Media Khazanah on 8:03 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.