Mahmoud Abbas Bekukan Seluruh Kontak Pemerintah Israel

KIBLAT.NET, Yerusalem- Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas mengumumkan bahwa pimpinan Palestina akan membekukan semua kontak dengan Israel, karena demonstrasi massal mengenai tindakan keamanan Israel di komplek Al-Aqsha.


Dalam pidato singkatnya di televisi pada hari Jumat (21/07), Abbas mengatakan, semua kontak resmi akan dihentikan sementara sampai Israel mencabut semua detektor logam yang dipasang di Al-Aqsha pekan lalu.


“Saya menyatakan penghentian semua kontak dengan pihak Israel di semua tingkat sampai ia membatalkan tindakannya di masjid Al-Aqsa dan mempertahankan status quo,” kata Abbas.


Pengumuman tersebut menyusul pembunuhan setidaknya tiga warga Palestina dalam bentrokan di Yerusalem dan Tepi Barat selama aksi protes pada hari Jumat. Setelah polisi Israel menembakkan amunisi, gas air mata, dan peluru karet yang dilapisi untuk membubarkan massa. Sementara, ratusan lainnya mengalami luka-luka.


“Ini adalah langkah besar oleh Mahmoud Abbas,” ungkap reporter Harry Fawcet dari Al Jazeera, melaporkan dari Jersusalem Timur, ia mengatakan. “Itu berarti mengakhiri kerja sama keamanan, itu adalah sesuatu yang sebagian besar orang Palestina telah minta.”


“Ini adalah cara untuk mencoba meningkatkan tekanan pada Israel untuk menghapus detektor logam yang telah memicu demonstrasi,” katanya.


Para pemimpin Muslim menuduh detektor logam tersebut merupakan bagian dari upaya Israel yang diakui untuk memperluas kontrol atas Al-Aqsha. Israel membantah tuduhan tersebut.


Sebaliknya, Israel berdalih bahwa perangkat tersebut diperlukan untuk mencegah lebih banyak serangan. Namun, banyak yang memandang langkah tersebut merupakan pelanggaran terhadap status quo, yang memberi umat Islam kontrol religius atas Al-Aqsha dan mengizinkan orang-orang Yahudi untuk sekedar mengunjunginya dikunjungi, tapi tidak berdoa di sana.


 


Sumber: Aljazeera
Redaktur: Syafi’i Iskandar


The post Mahmoud Abbas Bekukan Seluruh Kontak Pemerintah Israel appeared first on Kiblat.

Mahmoud Abbas Bekukan Seluruh Kontak Pemerintah Israel Mahmoud Abbas Bekukan Seluruh Kontak Pemerintah Israel Reviewed by Media Khazanah on 8:16 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.