Filipina Perpanjang Darurat Militer di Mindanao hingga Akhir Tahun

KIBLAT.NET, Manila – Anggota parlemen Filipina pada Sabtu (22/07) menyetujui permintaan Presiden Rodrigo Duterte untuk memperpanjang darurat militer di seluruh pulau Mindanao sampai akhir tahun.


Dikutip dari Philippine News Agency, hasil voting di parlemen menunjukkan 261 menyetujui dengan 18 menentang.


Senator Gringo Honasan, seorang mantan militer, mengakui potensi penyalahgunaan jika darurat militer diperpanjang. Namun dia meyakini bahwa Kongres memiliki mekanisme untuk mencegah hal ini.


“Darurat militer di Mindanao melibatkan risiko dan kesempatan, tapi kita bisa mengatur keduanya,” kata Honasan.


“Terorisme tidak akan dimulai dan berakhir di Marawi. Konflik bersenjata karena alasan yang sah tidak dimulai dan tidak akan berakhir di Mindanao,” tambahnya.


Menurut Honasan, perpanjangan ini akan memecahkan masalah terorisme di Mindanao secepat dan sejauh undang-undang mengizinkan, dan membantu mempercepat rehabilitasi dan rekonstruksi kota selatan yang dilanda perselisihan tersebut.


Sebelum pemungutan suara, Pemimpin Minoritas Senat Franklin Drilon, yang memilih menentang mosi tersebut, mengusulkan pembatasan perpanjangan tersebut menjadi 60 hari, bukan lima bulan.


“Kongres menentukan masa perpanjangan. Konstitusi jelas tentang itu. Kita seharusnya tidak lalai dalam tugas itu,” kata Drilon. Namun, Senat menolak perpanjangan tersebut karena dianggap terlalu pendek.


Pada tanggal 23 Mei, Duterte mengumumkan darurat militer di pulau Mindanao di tengah bentrokan yang sedang berlangsung antara pasukan pemerintah dan militan Maute dan Abu Sayyaf di kota Marawi.


Lebih dari 500 orang, kebanyakan militan, telah terbunuh dan setidaknya 400.000 orang telah mengungsi dalam konflik yang sedang berlangsung. Pertarungan jangka panjang di kota tersebut juga menyebabkan sekitar 300.000 orang mengungsi dari zona konflik dan daerah-daerah sekitarnya.


Sumber: World Bulletin
Redaktur: Ibas Fuadi


The post Filipina Perpanjang Darurat Militer di Mindanao hingga Akhir Tahun appeared first on Kiblat.

Filipina Perpanjang Darurat Militer di Mindanao hingga Akhir Tahun Filipina Perpanjang Darurat Militer di Mindanao hingga Akhir Tahun Reviewed by Media Khazanah on 6:51 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.