Balas Kemunduran di Helmand, Taliban Rebut 2 Distrik di Afghanistan Utara

KIBLAT.NET, Kabul – Para pejuang Taliban berhasil merebut dua distrik di Afghanistan utara setelah kehilangan tanah di Helmand selatan.


Seorang pejabat Afghanistan mengkonfirmasi kabar ini pada Ahad (23/07), bahwa distrik Taywara di provinsi Ghor, dan distrik Kohistan di provinsi Faryab telah jatuh ke tangan Taliban.


Ghulam Naser Khazeh, Gubernur Ghor menyampaikan bahwa Taywara jatuh ketika ratusan pejuang Taliban menyerang distrik tersebut dari berbagai arah pada Sabtu malam.


Sementara itu, juru bicara kepolisian Iqbal Nizami membenarkan bahwa lima anggota pasukan keamanan nasional Afghanistan tewas dan 5 lainnya cedera dalam bentrokan dengan Taliban.


Terkait hal ini, pihak Taliban juga menyampaikan kemajuannya pasca merebut distrik Taywara dari pemerintah Kabul.


“Musuh menderita kerugian besar dalam hal pasukan, material, dan sejumlah besar senjata serta amunisi telah disita,” ujar Taliban dalam sebuah rilis.


Di sisi lain, Taliban tampaknya menghadapi sedikit perlawanan untuk merebut distrik Kohistan di provinsi Faryab yang berbatasan dengan Turkmenistan.


Untuk diketahui, bentrokan baru-baru ini meletus ketika pasukan keamanan nasional Afghanistan yang didukung oleh kekuatan udara AS merebut kembali distrik Nawa dari Taliban. Para pejuang Taliban lantas melakukan serangan balasan guna menyikapi serangan di distrik Nawa tersebut.


Sumber: Anadolu
Reporter: Dio Alifullah


The post Balas Kemunduran di Helmand, Taliban Rebut 2 Distrik di Afghanistan Utara appeared first on Kiblat.

Balas Kemunduran di Helmand, Taliban Rebut 2 Distrik di Afghanistan Utara Balas Kemunduran di Helmand, Taliban Rebut 2 Distrik di Afghanistan
Utara Reviewed by Media Khazanah on 8:03 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.