Fenomena Pokemon GO, Bagaimana Pandangan Islam?

Pokemon Go !
Siapa yang gak tahu game yang sedang fenomenal ini ? Kalau pun tidak ikut bermain, paling tidak pernah dengar desas desusnya.

Konsep permainan ini mudah. Kita berjalan-jalan untuk mencari pokemon (makhluk fiktif yang memiliki bentuk mirip hewan) untuk ditangkap. Nantinya pokemon-pokemon ini dapat digunakan untuk diadu dengan pokemon lain dan dapat ditingkatkan kemampuannya.

Orang-orang yang bermain permainan ini pun semakin banyak dan semakin aneh-aneh saja cara mencari pokemonnya. Ada yang rela sewa ojek, rela berhenti kerja, dll.

Subhanallah, bagaimana permainan telah menyia-nyiakan waktu dan tenaga kita.

Lihatlah bagaimana manusia begitu getolnya berkeliling kota, mencari suatu hal yang semu, tidak nyata, fana, dan jauh dari ketaatan padahal banyak hal-hal bermanfaat yang bisa mereka lakukan.

Ingatlah sabda Rasulullah shalallahu 'alayhi was sallam berikut :

“Di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR. Tirmidzi no. 2317, Ibnu Majah no. 3976. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Saudaraku, di hari akhir nanti engkau tidak akan ditanya tentang seberapa banyak pokemon yang sudah kau tangkap, setinggi apa levelnya, dan seberapa banyak engkau menang beradu pokemon dengan orang lain.

Tapi engkau akan ditanya tentang waktumu, dihabiskan untuk apa ? Apakah kau akan menjawab : mencari pokemon ?

Saudaraku, marilah isi kegiatan kita dengan hal-hal yang bermanfaat. Jauhilah tren yang sekiranya menjauhkan kita dari kenikmatan surga. Biarlah orang bilang kita cupu, gak apdet, dll.. Asalkan kita selamat, Insya Allah kita akan mulia di sisi Allah.

Berbagai sumber

0 Response to "Fenomena Pokemon GO, Bagaimana Pandangan Islam?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel